Wednesday, 23 August 2017

Penerimaan CPNS 2017 - Bagaimana Mendaftar CPNS di Bener Meriah

Pemerintah ada penerimaan cpns 2017 sebesar 19.210 CPNS untuk mengisi jabatan di MA dan Kemenkumham. Pendaftaran dibuka mulai 1 Agustus sampai 31 Agustus 2017, dan 26 Agustus 2017 khusus pelamar D3.
Perihal penerimaan cpns 2017, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) mengatakan bahwa pendaftaran dilakukan secara online di situs https://sscn.bkn.go.id.

“Harus diusahakan, apapun yang bersangkutan dengan identitas diri dapat diinput dengan data yang sama, seperti nama, tempat tanggal lahir maupun jenis kelamin sesuai dengan akte kelahiran. Apabila terdapat ketidaksesuaian atas data-data kependudukan tersebut, di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil setempat,” demikian bunyi siaran pers Biro Humas Kementerian PANRB seperti yang dilansir dari setkab.go.id.


Penerimaan CPNS 2017 - Bagaimana Mendaftar CPNS di Bener Meriah

Ketika melakukan pendaftaran melalui sistem online, nantinya peserta akan dapat Kartu Pendaftaran Registrasi online. Lalu mekanisme pendaftaran online CPNS tersebut sebagai berikut:


  1. Pelamar membuka situs Portal SSCN https://sscn.bkn.go.id , kemudian klik menu Pendaftaran.

  2. Pelamar mengisikan NIK, Nomor KK atau NIK Kepala Keluarga, alamat email aktif, password akun portal SSCN, dan pertanyaan keamanan.

  3. Jika selesai mengisi, Anda harus mencetak Kartu Informasi Akun SSCN 2017.

  4. Orang dapat login ke portal SSCN menggunakan NIK dan password yang tadi sudah didaftarkan.

  5. Anda kemudian mengisi biodata, memilih instansi, memilih jenis formasi sesuai instansi, dan mengunggah dokumen sesuai persyaratan instansi.



Catatan: Anda hanya bisa memilih satu formasi sesuai kualifikasi pendidikan pada penerimaan cpns 2017 ini.

Setelah mengisi lengkap, Orang dapat Kartu Pendaftaran SSCN 2017.

Orang melakukan pemberkasan sesuai persyaratan pendaftaran masing-masing instansi, selanjutnya nanti dikirimkan sesuai alamat instansi. Ingat, Pelamar juga diwajibkan untuk melampirkan copy Kartu Pendaftaran SSCN 2017 untuk proses Verifikasi.

Selanjutnya, tim verifikator akan melakukan verifikasi dokumen yang diunggah Anda berdasarkan syarat pendaftaran.

Calon Pendaftar yang dinyatakan Lulus Seleksi Administrasi (dijadwalkan 5 September 2017), dapat print out Kartu Peserta Ujian CPNS 2017 untuk melanjutkan ke tahap seleksi menggunakan CAT.

Sementara itu, tentang berkas yang diunggah pada penerimaan CPNS 2017, Kementerian PAN-RB mengingatkan untuk Orang pada lingkungan MA harus menyampaikan surat lamaran tertulis dengan melampirkan beberapa berkas berupa:


  1. Dokumen (print out) Kartu Pendaftaran Registrasi Online.

  2. Surat lamaran ditulis tangan dengan tinta hitam dan ditandatangani di atas materai Rp6.000,- yang ditujukan kepada Sekretaris Mahkamah Agung RI.

  3. Fotokopi KTP, fotokopi ijazah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir.

  4. Surat keterangan akreditasi dari BAN PT.

  5. Pas foto terbaru ukuran 4cm x 6cm sebanyak 4 lembar dengan latar belakang merah dan menuliskan nomor registrasi online dan nama Anda di belakang foto tersebut.



“Berkas-berkas tersebut dimasukkan ke dalam amplop coklat dan di sudut kanan atas ditempel potongan nomor pendaftaran registrasi online. Selanjutnya dikirim kepada Panitia Seleksi Penerimaan Calon Hakim MA RI melalui POS dengan PO BOX 2700 Jakarta 10027 paling lambat 26 Agustus 2017 cap pos dan selambat-lambatnya diterima tanggal 31 Agustus 2017,” terang Biro Humas Kementerian PANRB.


Adapun untuk Pelamar pada lingkungan Kemenkumham di Penerimaan CPNS 2017 ini, Orang dengan kualifikasi pendidikan D-III dan SLTA, wajib mengirimkan berkas berupa:


  1. Surat lamaran yang diketik menggunakan komputer ditujukan kepada Menteri Hukum dan HAM di Jakarta bermaterai Rp6.000,- dan ditandatangani dengan pena bertinta hitam dengan format surat lamaran yang dapat diunduh di laman https://sscn.bkn.go.id

  2. Fotokopi KTP, fotokopi ijazah/STTB, fotokopi ijazah SD, ijazah SLTP dan ijazah SLTA.

  3. Surat pernyataan bermaterai Rp6.000,-, pas foto 3×4 sebanyak 4 lembar bagi kualifikasi Diploma III/D-III dan SLTA/Sederajat.

  4. Dan lembar bukti pendaftaran.



“Berkas lamaran tersebut dikirim melalui PO BOX dari masing-masing wilayah yang dituju. Daftar alamat PO BOX bisa dilihat dilaman www.menpan.go.id dengan judul pengumuman penerimaan CPNS 2017 dan poin Kementerian Hukum dan HAM RI,” terang Biro Humas Kementerian PANRB.


Disampaikan, bahwa keseluruhan sistem pendaftaran dilakukan secara online, dan Orang tidak dapat mengubah pilihan tersebut dengan alasan apapun.

Misalkan terdapat hal-hal yang masih memerlukan penjelasan terkait persyaratan penerimaan cpns 2017, Pelamar dapat menghubungi Kementerian Hukum dan HAM yakni (021) 5253004 (ext 310) dan Mahkamah Agung pada nomor 082110891729.

Artikel Terkait

Penerimaan CPNS 2017 - Bagaimana Mendaftar CPNS di Bener Meriah
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email